Rahasia Untuk Menjadi Penulis Sukses "Ini Dia Rahasia Para Penulis Ternama Dunia Yang Sukses Dalam Karirnya"

Sebaik-baiknya sebuah tulisan adalah tulisan yang dapat memberikan manfaat baik untuk sang penulis itu sendiri maupun orang lain. Untuk itu niat baik adalah hal utama yang harus dimiliki seorang penulis.
- Mahasastra

sumber gambar : pixabay.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap penulis memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam menghasilkan sebuah tulisan, selama apa yang mereka hasilkan tidak memberikan pengaruh negatif ataupun menyesatkan saya rasa itu sah-sah saja, intinya menulis itu tidak harus terpaku pada satu topik saja, setiap orang memiliki kebebasan dalam mengekspresikan apa yang ia rasakan dan pikirkan dalam sebuah tulisan.

Kenapa saya menulis ?

Saya pribadi menulis karena hasrat yang begitu besar dalam hati saya yang selalu ingin menuangkan apa yang saya pikirkan dan saya rasakan, selain itu saya percaya bahwa saya adalah seseorang yang memiliki bakat menulis, walaupun tulisan saya belum tergolong dalam tulisan baik dan benar tapi semaksimal mungkin saya terus berusaha untuk memperbaiki apa yang salah sekaligus mengasah kemampuan atau bakat yang saya miliki. Sepertinya menulis itu naluri yang tidak mungkin bisa saya pungkiri dalam kehidupan saya, untuk itu saya melakukannya dengan senang hati dan sungguh-sungguh tanpa ada keterpaksaan.

Tujuan Menulis ?

Bagi saya kesuksesan seorang penulis itu tidak bisa hanya dipandang dari 1 sisi, contohnya "uang/materi", karena saya yakin tidak semua penulis itu menghasilkan sebuah tulisan untuk tujuan tersebut. Tujuan menulis bisa juga sebagai dokumentasi, informasi, mengemukakan pendapat,kebingungan, pertanyaan, kegelisahan, perjuangan, pembenaran, pendidikan. Bagi saya tujuan menulis itu sangatlah banyak tergantung arah tujuan dari sang penulis itu sendiri.

Apakah Blog Ini Bertujuan Untuk Komersil ? Kalau tidak mengapa terpasang iklan adsense ?Bukankah Blog Yang Terpasang iklan Google Adsense adalah Blog Penghasil Uang ?

Sekali lagi saya katakan tujuan utama saya menulis bukanlah semata-mata untuk mendapatkan uang, saya menulis karena saya ingin menulis, ingin berbagi pengalaman, pikiran juga kegelisahan yang saya rasakan ,sekaligus menjaga apa yang saya tulis tersebut dengan rapi agar memudahkan saya dikemudian hari.  Sedikit bercerita, awalnya mula saya menulis adalah pada lembaran-lembaran kertas juga sosial media seperti ( facebook, instagram dan sejenisnya) karena saya kurang bisa menjaga file-file dan sering lupa, saya  banyak sekali  kehilangan tulisan-tulisan saya yang hilang entah kemana, alhasil ketika saya membutuhkannya saya tidak bisa membacanya kembali karena semuanya telah tiada, selanjutnya saya banyak menulis di beberapa sosial media berkaitan dengan karya sastra seperti puisi, kritik sosial dan lain-lain, saya merasa sosial media tersebut belum menjadi suatu wadah yang benar-benar dapat mendokumentasikan dengan baik dan rapi dan mudah bagi saya. Karena hal tersebutlah saya mulai menulis di blog ini dan hasilnya saya merasa tulisan-tulisan saya lebih terorganisir dan sangat mudah dalam pengembangan, editing dan lain-lain karena jujur apa yang tulis sebelumnya ataupun sekarang terkadang perlu dikoreksi di kemudian hari, karena itulah saya menulis di blog ini, blog pertama saya.

Alasan mengapa blog ini dipasang iklan adsense ? sebenarnya ini bermulai ketika saya mulai mempelajari dunia blogging lewat dunia maya, jujur saya bisa ngeblog adalah hasil saya survive di dunia maya, saya banyak sekali membaca artikel-artikel seputar blogging juga menulis, dari situlah saya banyak menjumpai artikel blog yang selalu dikait-kaitkan dengan google adsense (jasa periklanan milik google), karena penasaran maka sayapun memutuskan untuk belajar seputaran adsense dan hasilnyapun ditolak tak tanggung tanggung sampai 5 kali, bagaimana mungkin blog baru seumur jagung bisa diterima adsense, apalagi jumlah konten sangat minim sekali, karena dari awal tujuan saya bukan kearah adsense sayapun biasa saja dan tetap terus menulis dan menulis, seiring berjalannya waktu saya mulai merasa nyaman ngeblog dan ada rasa iseng ingin mencoba kembali daftar adsense, tak terduga kali ini ada berita diemail saya yang berbeda, yaitu penerimaan saya sebagai publisher google adsense, sejak itulah iklan terpasang diblog ini, yap bagi saya mungkin itu adalah bonus untuk saya, yang terpenting dan utama bagi saya adalah selalu menulis dan memiliki waktu untuk menulis.
 

Rahasia Sukses Dari Para Penulis Ternama 

Sebagi penutup berberapa pendapat dari para penulis ternama dibawah ini  semoga ini dapat menggugah semangat kita untuk menulis

beberapa pendapat ini dikemukakan pada acara Ubud Writers dan Readers festival tahun 2017 lalu

Yang pertama saya sorot adalah penulis lokal " Indonesia" yang bernama Leila S Chudori, ia berpendapat bahwa untuk menjadi seorang penulis yang baik, penulis tersebut harus memiliki ketertarikan pada tulisannya sendiri  "penulis tersebut interested dengan storytelling". Poin utamannya adalah menulis karena keinginan, apabila nanti dapat memberikan pengaruh pada dunia itu adalah bonus " ujar Leila.

Yang kedua, Jhoanna Lynn B, Cruz penulis asal filiphina ini mengatakan bahwa " Menulis itu yang paling penting adalah keinginan (desire) terutama dalam menulis kisah fiksi.

Ketiga adalah pendapat dari Paul McVeigh penulis yang berasal dari Ireland atau United Kingdom ini mengatakan bahwa sebagian besar apa yang ia tuliskan adalah berdasarkan pengalaman hidupnya yang kemudian ia tuangkan dalam sebuah tulisan.

Yang terakhir pendapat dari Veronica Stigger ia berpendapat bahwa menulis bukanlah melupakan segala hal yang terjadi "Its to write, It's not to forget what happened" katanya.


Dari beberapa pendapat diatas kita dapat mengambil beberapa hal penting dalam menulis, yang paling utama adalah keinginan yang kuat, karena tanpa niat ataupun kemauan menulis itu tidak akan terjadi, kita melakukan suatu hal karena kita ingin melakukannya dan ketika melakukannya pun itu akan menjadi hal yang menyenangkan. Yang tidak kalah penting adalah menulis yang paling baik adalah menulis dengan jujur dan tetap menjalani kehidupan atau kodrat kita sebagai manusia biasa.


Terima kasih sudah membaca, semoga tulisan ini bermanfaat.


Baca juga : Mengapa Kita Harus Rajin Membaca ?, Menulis Dengan Tangan Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Loh, Berbagai Cara Jitu Agar Mendapat Inspirasi Untuk Bahan Tulisan


By Danu Alfian

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Untuk Menjadi Penulis Sukses "Ini Dia Rahasia Para Penulis Ternama Dunia Yang Sukses Dalam Karirnya""

Popular Posts