JANGAN JADI PENULIS BODOH "Catatan untuk penulis"



Sebelumnya saya ucapkan terimakasih untuk kalian yang menyediakan waktunya membaca tulisan ini walaupun judulnya gak bagus. Tulisan ini bukan bermaksud menggurui apalagi sok pintar, tidak juga harus disetujui karena ini adalah pendapat pribadi saya dan tulisan ini sengaja saya buat agar menjadi bahan pengingat saya pribadi, saya hanya ingin sedikit mengungkapkan apa yang ada dipikiran saya, semoga ini bisa bermanfaat baik buat saya pribadi maupun oranglain .

Bagi saya menjadi penulis bukanlah hal yang mudah dan tidak bisa dipandang sebelah mata, karena sejak kecil sampai dewasa saat ini tidak pernah terlepas dari kegiatan membaca dan menulis, baik dirumah, dijalan, di tempat kita bekerja selalu ada tulisan yang bisa kita baca baik itu berupa petunjuk, informasi dan lain-lain, karena itulah peran seseorang yang menghasilkan tulisan atau penulis itu sangatlah penting.

HATI-HATI DALAM MENULIS ATAU BERKARYA, MENGAPA ?

Alasan utamanya adalah karena seorang penulis akan menghasilkan sebuah tulisan yang memungkinkan dibaca baik oleh dirinya sendiri maupun orang lain, yang saya fokuskan disini adalah hasil tulisan yang di publish ke umum, karena menyangkut orang banyak, untuk itu tulisan yang dipublish ke umum ada baiknya di pastikan benar-benar sesuai ketentuan atau tidak melanggar norma-norma yang berlaku, tidak palsu atau mengandung unsur pembohongan.

TUJUAN MENULIS ?

Setiap orang punya hak untuk menulis dan bebas menulis namun bukan berarti sebebas-bebasnya ada aturan atau hukum yang berlaku, tulisan yang baik adalah tulisan yang tidak mengandung unsur penyesatan, dalam artian tulisan yang dihasilkan baik itu berupa informasi, catatan,tutorial dan lain-lain adalah benar adanya, tidak mengada-ada yang tidak ada, tidak bertujuan untuk menipu. Karena dapat berakibat buruk baik kepada pembaca maupun penulis itu sendiri apabila informasi yang kita berikan salah, untuk itu sebaik mungkin pastikan tulisan yang dihasilkan layak untuk dipublish.


MENULIS ITU MENYAMPAIKAN YANG BENAR ?

Mengapa harus benar ? sekali lagi menjadi seorang penulis adalah sesuatu hal yang mulia karena penulis membantu memberikan informasi atau referensi  kepada orang lain yang membutuhkan, untuk itu apa yang dituliskan mesti benar, karena terkadang yang sudah benar saja masih bisa prokontra atau di salahkan apalagi yang salah pasti akan mendapatkan hal negatif pula. Menjadi teliti, cerdas dan bijak adalah suatu hal yang memang perlu dimiliki oleh seorang penulis agar dapat menghasilkan suatu karya yang baik, benar dan berkualitas.

"Lebih baik tidak menulis, dari pada memperkosa kebenaran, kemajuan" (Chairil Anwar)

Dari kutipan diatas dapat kita ambil pelajaran bahwasanya kebenaran adalah suatu yang berharga, utama.

JADILAH PEMBACA CERDAS

Seorang penulis sudah pasti berperan sebagai pembaca, membaca adalah kebutuhan utama bagi penulis untuk menambah wawasan. Untuk itu penting untuk pembaca untuk memfilter atau menyaring setiap tulisan yang ia baca, memastikan dengan benar informasi yang ada, melibatkan berbagai sumber untuk mengambil kesimpulan bacaan guna mendapatkan poin-poin penting. Intinya membaca secara sadar (mengandalkan nalar dan nurani).

"Penulis yang baik, karena ia menjadi pembaca yang baik" (Hernowo)

Kesimpulannya menulis itu harus dengan niat yang baik dan tulus  disertai dengan pengetahuan yang luas sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang baik yang dapat bermanfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain. Semoga kita dapat bertindak lebih baik lagi mulai saat ini dan seterusnya.

Terima kasih sudah membaca
semoga bermanfaat

Baca juga : Mengapa Kita Harus Rajin Membaca ?, Menulis Dengan Tangan Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Loh, Berbagai Cara Jitu Agar Mendapat Inspirasi Untuk Bahan Tulisan


By Danu Alfian

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JANGAN JADI PENULIS BODOH "Catatan untuk penulis""

Popular Posts