Museum Sastra Di Indonesia Satu Satunya

triptus.com

Hallo sobat, senang sekali bisa menyapa kalian, yap masih seputar sastra sastra dan sastra lagi, semoga sobat tidak bosan ya..

Ngomong-ngomong soal sastra tahukah sobat dimana museum sastra di indonesia berada? Jawab dong , hehee

Sebagai seorang yang suka dengan dunia kesusastraan sudah memang sewajarnya kita mencari tahu tentang tempat dimana kita dapat menemukan karya-karya sastra sebagai acuan ataupun pembelajaran.

Balik lagi ke pertanyaan dimanakah meseum sastra berada ?

waspada.co.id

Nah ini dia Musem sastra di Indonesia ternyata berada di Bangka Belitung museum ini dikenal dengan nama "Museum Kata Andrea Hirata", didirikan oleh Andrea Hirata penulis novel Laskar Pelangi, museum ini didedikasikan untuk ayah dan ibunya N.A Masturah Seman dan Seman Said Narun, terletak di jalan raya laskar pelangi no. 7  Belitung Timur, bagi saya museum ini tergolong masih baru karena baru diresmikan pada tahun 2012.

Oh iya, ternyata museum kata adalah museum sastra pertama dan satu-satunya loh sobat, awalnya saya sempat tidak percaya ternyata itulah faktanya,saya coba cari informasi via browsing pun hanya ada satu museum sastra di indonesia, huah sangat miris menurut saya, kenapa indonesia yang banyak melahirkan para sastrawan hebat hanya memiliki satu meseum sastra, alangkah sangat bangganya saya jika karya-karya mereka dapat di abadikan di meseum agar dapat menjadi warisan untuk masa depan. Tapi tidak apa-apa setidaknya sudah ada museum sastra di indonesia.

Museum ini menyimpan karya-karya Andrea Hirata selain itu terpampang juga foto-foto pemeran Laskar Pelangi ditambah benda dan alat kesenian kuno yang menambah suasasa menjadi klasik.

Museum ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal juga mancanegara, museum ini pun tidak hanya dikenal sebagai museum kata-kata tetapi juga sebagai museum budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat belitung.

Menarik bukan sobat ? yap kapan ya kita bisa kesana hehe

Bagi sobat yang ingin berkunjung kesana saat ini sudah banyak  travel yang menawarkan paket include berkunjung meseum ini, jarak museum ini dari Bandara HAS Hanandjoeddin Belitung berkisar 80 kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Nah sobat itulah sekilas tentang museum kata, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat yah.

Terima kasih sudah membaca

Baca juga : Karya Sastra Terpanjang Di Dunia Ternyata Berasal Dari Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Museum Sastra Di Indonesia Satu Satunya"

Popular Posts