Kuliah Jurusan Sastra Inggris Harus Bangga "Gambaran Kuliah sastra Inggris"


mozakrah.com
Hallo sobat kalian mau kuliah jurusan sastra inggris ? Jika iya "itu keren", mengapa keren ? ya karena pengen bilang keren aja, bercanda  hehehe

Kenapa sih perlu pertimbangan sebelum memilih kuliah sastra inggris ????

Alasan terbesarnya agar sobat tidak salah pilih jurusan, yap itu salah satu alasan utamanya, karena kalau sobat sudah terlanjur pilih dan ternyata tidak sesuai dengan yang sobat bayangkan nanti malah menyesal. Sayang kan, sudah keluar biaya, waktu dan tenaga tahu -tahu tidak sesuai, sungguh rugi kan.

Oh iya maksud dan tujuan saya menulis artikel ini adalah memberikan gambaran kepada sobat yang mungkin memiliki minat untuk masuk jurusan sastra inggris, tidak ada sama sekali niat untuk menakut-nakuti, hanya memberikan informasi yang mungkin dapat bermanfaat untuk sobat. karena ada pepatah yang bilang " hidup yang indah adalah hidup yang bermanfaat" tidak ada salahnya kan saya sharing ke sobat, siapa tahu bisa bermanfaat.

Satu lagi yang mungkin sobat harus tahu, apa yang saya tulis disini adalah berdasarkan pandangan saya sekaligus pengalaman saya kuliah jurusan sastra inggris, apabila ada kekurangan atau ada hal-hal yang mungkin tidak sependapat dengan sobat harap diterima dengan bijak, karena setiap orang pasti punya pola pikir dan pengalamannya masing-masing.

Kita mulai yang paling basic, mungkin ada beberapa dari kita yang masih awam dengan sastra inggris,apa sih sastra ingris itu ?

 SASTRA INGGRIS didengar dari kedua kata tersebut yaitu kata sastra yang berarti : kesusastraan atau dikenal dengan "literature" jika di terjemahkan dalam bahasa inggris, kemudian inggris : sebuah negara, bisa diartikan juga bahasa inggris. awalnya sastra inggris didefinisikan sastra yang berasal dari inggris namun kini telah berkembang sastra inggis didefinisikan semua karya sastra yang dihasilkan dalam bahasa inggris. Kuliah sastra inggris berarti sobat mempelajari kesusastraan yang di tulis dalam bahasa inggris.

Ada satu hal  yang banyak sebagian dari kita mungkin salah persepsi. ada yang berfikir bertujuan kuliah sastra inggris hanya ingin bisa bahasa inggris, bagi saya hal ini kurang tepat, mengapa ? karena kuliah sastra inggris tidak hanya mempelajari ilmu kebahasaan, tetapi juga dunia kesusastraaan,kebudayaan dan lain-lain jadi apabila tujuannya untuk agar bisa berbahasa ingris lebih baik kuliah jurusan bahasa inggris atau kursus bahasa inggris saya rasa ini lebih tepat, tetapi apabila memang sobat memiliki minat dalam bidang sastra maka pilihan untuk kuliah sastra inggris adalah pilihan yang benar buat sobat dan hal yang penting yang perlu diketahui alangkah baiknya saat memilih sastra inggris sebagai jurusan sobat telah dibekali kemampuan basic dalam bahasa inggris, tujuannya adalah untuk mempermudah proses belajar karena kegiatan belajar mengajar serta modul pembelajaran menggunakan bahasa inggris.

Apa syarat kuliah sastra inggris ?

Yang pasti setiap perguruan tinggi memiliki standar masing masing dalam menerima mahasiswa baru, nah tahap ini pasti akan sobat lewati, setelah sobat daftar maka sobat akan ikut tes terlebih dahulu. khusus untuk sastra inggris sepengalaman saya soal tesnya tidak jauh beda pelajaran bahasa inggris  saat kita belajar di sma. Apabila sobat dapat lolos tes tersebut atau nilai sobat bisa memenuhi standart maka saya bisa bilang selamat sobat diterima sebagai mahasiswa/mahasiswi sastra inggris, uh senangnya ,hehe.

 Bagaimana jika sobat sudah diterima/belum diterima di salah satu perguruan tinggi jurusan sastra inggris ?

Jika sobat sudah diterima sebagai mahasiswa sastra inggris yang pasti bersyukur hehe,saran saya persiapkan diri sobat perdalam lagi skill dalam bilang sastra ataupun kebahasaan yang sobat miliki karena itu akan membantu sobat dalam menjalani perkuliahan nanti, apabila sobat belum di terima di salah satu perguruan tinggi jangan sedih karena masih banyak jalan menuju Roma, coba lagi ikut tes gelombang ke 2 atau ke 3, atau sobat bisa coba daftar di perguruan tinggi yang lain, jadi jangan patah semangat yaaaa.

Mata kuliah apa saja yang dipelajari ?

Agar lebih jelas dan tidak salah informasi akan saya lampirkan mata kuliah yang dipelajari, ini dia sobat capture nya :

gambar 1
mata kuliah sastra inggris

kelanjutan gambar 1

mata kuliah sastra inggris

Dari screen shooot yang saya lampirkan diatas mungkin sudah bisa terbayang apa saja yang akan kita pelajari, screen shoot tersebut adalah screenshoot mata kuliah keseluruhan untuk mendapatkan gelar strata 1 , masing-masing mata kuliah memiliki jumlah sks yang berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing perguruan tinggi dan setiap perguruan tinggi memiliki standart mata kuliah masing-masing, artinya tidak semuanya sama seperti yang saya lampirkan tergantung dari kebijakan kampus itu sendiri, setidaknya saya memberikan gambaran tentang apa yang akan sobat tempuh nanti. 

Apakah manfaat kuliah sastra inggris ?

Tentunya banyak sekali manfaat yang kita dapatkan, sobat akan mendapatkan pengetahuan lebih tentang ilmu kesusastraan, semakin mahir berbahasa inggris karena sobat terbiasa menulis juga berbicara bahasa inggris karena itu sobat terlatih, berkesempatan berkarir dibidang kesusastraan : bisa menjadi penulis, penerjemah, pembicara, tourguide, artist, atau apapun yang menjadi minat sobat, punya banyak relasi yang memiliki minat sama dengan sobat "bidang sastra" yang jelas ilmu sastra akan berguna disetiap sudut ruang dan waktu yang sobat jalani, karena kesusastraan berkaitan dengan kehidupan ataupun gaya hidup.

Bagaimana rasanya kuliah sastra inggris ?

Bagi saya kuliah sastra menyenangkan sekaligus mendebarkan, menyenangkan karena saya memiliki ketertarikan kuat dibidang kesusastraan, dari kecil saya suka karya sastra puisi, lagu, drama apapun yang berkaitan dengan sastra saya suka, karena itu dengan kuliah sastra saya bisa lebih mendalami apa yang saya minati. Sisi mendebarkannya adalah masa-masa menunggu hasil tes setiap semester, karena kalau dibawah standart harus mengulang sobat atau perbaikan hahah, yang kedua ya saat-saat tugas akhir dimana kita harus menyusun skripsi.

Bagaimana tugas akhir atau skripsi sastra inggris ?

Dalam tugas akhir jurusan sastra inggris kebanyakan orang termasuk saya yaitu menganalisa sebuah karya sastra bisa dalam berupa novel, film atau karya sastra lainnya, sobat tidak perlu khawatir dosen pembimbing sobat akan memandu sobat dalam menyelesaikannya, saran saya carilah referensi yang berkaitan dengan tugas akhir sobat bisa berkunjung ke perpustakaan atau coba browsing dll, yang pasti sobat harus semangat.

Setelah itu apa lagi ?

Pada akhirnya sobat akan merasakan sendiri nanti, sobat akan menjalani prosesnya, saya berharap sobat mantapkan hati dan terus semangat karena sesuatu yang besar itu biasanya dihasilkan dengan cara yang hebat juga, segala yang saya tulis disini adalah hanya sebagian kecil gambaran dari kuliah sastra gambaran besarnya akan sobat jalani sendiri nantI.

Mungkin sekian dulu sobat sekilas tentang sastra inggris, apabila ada kesalahan dan kekurangan, saran maupun pertanyaan sobat bisa berkomentar atau tanya ke saya, saya berharap sobat sukses selalu.

Terimakasih sudah membaca

by Danu Alfian 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuliah Jurusan Sastra Inggris Harus Bangga "Gambaran Kuliah sastra Inggris""

Popular Posts