Karya Sastra Terpanjang Di Dunia Ternyata Berasal Dari Indonesia

Indonesia memang negeri yang kaya akan budaya, suku dan bahasa, tak heran Indonesia tak pernah luput dari mata dunia dan menjadi salah satu tujuan destinasi wisata, penelitian juga pembelajaran.

Percayakah sobat ternyata karya sastra terpanjang didunia itu terlahir di indonesia ?

Ternyata itu benar, sebuah karya sastra terpanjang di dunia lahir di indonesia, karya sastra terpanjang itu bernama Sureq Galigo atau Galigo bisa juga disebut La Galigo. Di lansir dari wikipedia La Galigo adalah epik mitos penciptaan yang berasal dari peradaban bugis di Sulawesi Selatan, karya sastra tersebut diperkirakan ditulis pada abad ke-13 dan ke-15 dalam berbentuk puisi berbahasa bugis kuno dalam bentuk huruf lontara kuno bugis. Puisi-puisi dalam La Galigo mengisahkan tentang asal usul manusia selain itu La Galigo juga berfungsi sebagai almanak sehari hari.

wikipedia

Jumlah halaman yang terdapat dalam La Galigo yang diawetkan berjumlah  kurang lebih 6000 halaman dengan jumlah teks sebanyak 300,000 baris, besar kemungkinan jumlahnya lebih dari itu karena sebenarnya tak ada versi La Galigo paling lengkap sebagian versi lamanya telah hilang akibat iklim, serangga dan perusakan.

La Galigo pertama kali di klaim sebagai karya sastra terpanjang di dunia oleh seorang ilmuan asal belanda bernama R.A. Kent  di dalam bukunya yang berjudul Catalogus Van de Boegineesche Tot De I La Galigocyclus Behoorende Handscriften Der Leidsche Universiteitbibliotheek yang diterbitkan tahun 1939  oleh Universiteitbibliotheek Leiden, karya sastra ini dianggap melebihi panjang kitab Mahabarata yang memiliki jumlah sekitar 160,000-200,000 baris.

Kisah La Galigo terbilang cukup panjang, meskipun ia lahir di tanah kelahiran kita Indonesia namun ia besar di Belanda, salinan asli naskah La Galigo yang berjumlah 12 jilid saat ini tersimpan di perpustakaan Universitas Leiden Belanda dan menjadi bahan riset budaya dan sastra mahasiswa belanda untuk meraih gelar doktor dan magister.

Pada tahun 2011 La Galigo diakui sebagai warisan dunia dan mendapatkan penghargaan khusus dari UNESCO sebagai Memory Of The World.

La Galigo pernah dipentaskan pada tahun 2004 silam di Asia, Amerika, Eropa dan Australia. Karya ini sangat diminati dan ramai menjadi perbincangan dinegeri orang namun yang tak sebingar di tempat asalnya.

Sungguh miris ya sobat...

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat

Baca juga : Definisi Sastra, Ciri -Ciri Sastra Dan Fungsi Sastra

Sumber : Berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karya Sastra Terpanjang Di Dunia Ternyata Berasal Dari Indonesia"

Popular Posts