Menulis Dengan Tangan Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Loh


pixabay.com
Hallo sobat, Ternyata menulis dengan tangan memiliki banyak manfaat loh, apa sih manfaatnya ? Yuk kita cari tahu....

Di artikel kali ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan yang saya miliki tentang manfaat dari menulis, manfaat menulis yang saya maksud disini adalah menulis mengandalkan tangan, hayo sobat masih suka menulis dengan tangan atau tidak ? Kalau masih suka menulis dengan tangan berarti sobat salah satu orang yang saya anggap keren. Kenapa keren ? Karena sekarang ini teknologi sudah maju, laptop dan gadget sudah menguasai dunia kita sekarang, mayoritas orang-orang mengandalkanya untuk menuangkan pikiran mereka dengan media tersebut. Tinggal ketak-ketik semua selesai dengan cepat, tanpa harus banyak membuang banyak energi dan  ribet-ribet cari kertas dan pena.

Tetapi dibalik ribetnya menulis dengan tangan ternyata hal tersebut memiliki banyak manfaat loh sobat, nah ini dia manfaaatnya :

1. Meningkatkan kreativitas

Menulis dengan tangan ternyata dapat mendorong kita untuk kreatif, karena dengan menulis dengan tangan kita akan lebih mengenal proses pastinya, tidak hanya sekedar ketak-ketik selesai, disitu ada proses tahap demi tahap untuk menyelesaikan sesuatu yang kita tulis.

2. Meningkatkan daya ingat

Menulis dengan tangan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding mengetiknya dengan keyboard, para psikolog beranggapan bahwa menulis dengan tangan memiliki efek pada otak kita untuk mengingat lebih lama dibanding mengetik sesuatu dengan keyboard.

3. Meningkatkan kemampuan berfikir kritis

Menulis dengan tangan mengandalkan pola pikir, instrospeksi juga pengamatan kita,karena tanpa hal tersebut kita tidak akan tahu apa yang ingin kita tuangkan dalam  tulisan, tanpa kita sadari hal tersebut akan  mengasah kemampuan kita untuk berfikir kritis 

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan menulis dengan tangan berarti kita telah berani menuangkan ide pikiran kita dalam sebuah tulisan. Kita mengandalkan pikiran, mata, tangan kita untuk bekerja menuangkan apa yang ingin kita tuangkan, hal tersebut tentu akan membuat kita semakin percaya diri untuk menuangkan apa yang kita pikirkan, apa yang kita tahu, apa yang kita ingin sampaikan dalam suatu tulisan.

5. Meningkatkan kemampuan membaca

Ketika kita menulis berarti kita membaca apa yang kita tulis, maka semakin banyak kita menulis tentu semakin banyak pula kita membaca, ketika kita mulai terbiasa dengan hal tersebut maka kemampuan membaca kita semakin lama akan semakin meningkat karena sudah terbiasa.

Nah sobat berikut adalah beberapa manfaat dari menulis dengna tangan, sekarang kita jadi tahu ternyata menulis dengan tangan itu punya banyak manfaat. Walaupun tidak secepat mengetik dengan keyboard tapi kita dapat banyak manfaat dari menulis dengan tanngan.

Untuk itu bagi sobat yang sudah terbiasa menulis dengan tangan jangan berhenti untuk menulis ya, apa yang sobat lakukan itu banyak manfaatnya. Sekian dulu artikel tentang menulis kali ini, semoga dapat memberikan manfaat.


Terimakasih sudah membaca



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menulis Dengan Tangan Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Loh"

Popular Posts