Kata-Kata Bijak Gus Dur Dan Jasa-Jasanya


Hallo sobat kali ini saya tertarik untuk membahas tentang kata-kata bijak dari salah satu mantan presiden indonesia, sobat pasti tidak asing lagi mendengar panggilan akrabnya yaitu Gus Dur, pemilik nama lengkap Abdurahman Wahid ini adalah ulama besar yang pernah menjabat sebagai presiden indonesia.

Gus Dur terkenal dengan kata-katanya yang sangat gamblang dalam menyampaikan sesuatu, jasa-jasanya sangatlah besar kepada indonesia, terlebih untuk masyarakat kelas bawah.

Dalam catatan sejarah ia pernah beberapa kali menyelamatkan TKI dari kematian, yaitu kasus yang saat itu sedang marak terjadi kasus Tenaga Kerja Wanita bernama siti Zaenab yang bekerja di Arab Saudi akan dihukum mati kerena dituduh telah membunuh. Saat itu Gusdur langsung melakukan mengirimkan surat kepada Raja Arab selain itu ia juga melakukan diplomasi tingkat tinggi dengan Raja Arab, hasilnya berselang beberapa jam Siti Zaenab tidak jadi dieksekusi sontak hal itu membuatkeluarga Siti Zenab merasa lega.

Selain itu masih banyak menyelesaikan masalah yang sama yang dialami oleh TKI indonesia, bahkan ia pernah terbang langsung menemui perdana menteri Malaysia, Abdullah Ahmad Badawi ketika TKI indonesia bernama Asnawi akan di hukum gantung, hasilnya Asnawi tidak jadi terkena hukuman gantung oleh Malaysia.

Jasa-jasa besar yang lain yang pernah ia lakukan diantaranya, menampung puluhan TKI yang akan di deportasi, membuat peraturan yang pro terhadap kaum buruh, mendirikan serikat buruh, menyatukan umat beragama , dan masih banyak hal-hal lainnya.

Karena jasa-jasa dan gaya kepemimpinannya ia sangat disegani oleh berbagai kalangan, ia juga sangat dekat dengan masyarakat kelas bawah, tak heran kalau ia sangat dikenal oleh kalangan rakyat jelata.

Nah sobat berikut ini adalah kata-kata bijak yang pernah ditulis oleh Gus Dur :


"Tuhan tidak perlu dibela, dia sudah maha segalanya, belalah mereka yang diperlakukan tidak adil"

"Tidak penting apapun agama dan suku mu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu"

"Islam datang bukan untuk merubah budaya leluhur kita menjadi budaya Arab, kita pertahankan milik kita, kita harus serap ajarannya, tapi bukan budaya Arabnya"

"Memuliakan manusia berarti memuliakan penciptanya, merendahkan dan menistakan manusia, berarti merendahkan dan menistakan penciptanya"

"Kalau ingin melakukan perubahan, jangan tunduk pada keadaan, asal yakin dijalan yang benar"

"Tidak ada jabatan didunia ini yang perlu dipertahankan mati-matian"

"Tuhan yang maha besar, maha agung dan maha berkuasa tidak perlu dibela, yang memerlukan pembelaan adalah manusia yang ditindas dan dianiaya"

"Didiklah diri sendiri dan ahli keluarga untuk menghayati ajaran islam yang benar, bukannya menyekat pengaruh luar dan menyalahkan orang lain semata-mata"


Nah sobat berikut adalah sepenggal kisah Gus Dur dan kata-kata bijak miliknya, semoga dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi kita untuk berbuat lebih baik lagi.

Terimakasih sudah membaca




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kata-Kata Bijak Gus Dur Dan Jasa-Jasanya"

Popular Posts