Berbagai Manfaat Dari Menulis Puisi Serta Hal Yang Menarik Dari Puisi


Apasih sebenarnya yang menarik dari " PUISI " ?

Kata " PUISI " sebenarnya tidak asing lagi ditelinga kita, di dalam buku maupun internet kita dapat menjumpainya dengan mudah.

" Yang jadi pertanyaan apa manfaat seseorang menulis puisi? Untuk apa menulis puisi? Mengapa harus lewat Puisi? "

Sebelum kita membahas lebih jauh ada baiknya kita mengetahui definisi dari puisi

Puisi adalah sebuah bentuk karya sastra dalam bentuk tulisan. Puisi adalah ungkapan dari ekspresi seseorang yang dituangkan dalam bentuk kata-kata yang teratur, memiliki makna didalamnya, mengandung majas dan irama.

Ketika menulis puisi biasanya seseorang mempunyai tujuan tertentu. Puisi biasanya menyangkut dengan sandi-sandi kehidupan manusia. Karena dalam kehidupan pasti sesorang memiliki sesuatu hal yang ingin dibahas, dibicarakan ataupun sekedar diungkapkan.

Menulis puisi biasanya didominasi oleh keinginan kuat untuk mengungkapkan gejolak pemikiran ataupun perasaan.

 

Apa Manfaat menulis Puisi ?

Tahukah sobat menulis puisi memiliki manfaat bagi penulis maupun pembacanya. Berikut adalah beberapa manfaat dari menulis puisi :

1. Menulis puisi dapat mengasah kemampuan kepekaan seseorang terhadap sesuatu yang ada di sekitar. 
Dengan menulis puisi kita akan lebih peka terhadap lingkungan, misalnya ketika kita melihat suatu hal yang tidak benar dilakukan, kita bisa menuangkannya dalam sebuah puisi. Salah satu contohnya : Ketika kita banyak melihat orang yang tidak peduli dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kita tahu itu akan membawa dampak negatif pada kita semua. Kita dapat menuangkan ketidaksetujuan kita dalam sebuah puisi, Puisi yang mengangkat tema tentang Alam .

2. Menulis puisi dapat meningkatkan dan melatih kreativitas 
Dalam menulis puisi kita dibebaskan untuk menggunakan kata-kata, nah disinilah kita dapat melatih kreatifitas kita untuk menulis kata-kata yang indah, kata-kata yang memiliki keunikan dan makna tersendiri.

3. Menulis puisi dapat melahirkan pengaruh positif pembacanya
Menulis puisi juga ternyata dapat membawa pengaruh positif untuk para pembacanya, contohnya : Sobat menuliskan sebuah puisi tentang perlawanan terhadap ketidakadilan. Ketika membaca tulisan tersebut tanpa disengaja pembaca akan menyadari bahwa ketidakadilan itu tidaksebuan Setelah membaca puisi sobat pembaca menjadi sadar akan pentingnya keadilan dan senantiasa untuk selalu bersikap adil .
 
4. Menulis puisi dapat menumbuhkan bakat menulis dengan baik
Menulis dengan baik memang tidak mudah, namun tidak juga sulit. Yang terpenting adalah niat serta kemauan untuk selalu belajar. Menulis puisi memungkinkan kita untuk dapat menyusun sebuah kata-kata dengan baik dan sesuai fungsinya. Jadi apa yang kita maksud dapat diterima dan dimengerti oleh para pembacanya. Dengan demikian kita jadi tahu bagaimana menulis dengan baik.

5. Menulis puisi dapat menumbuhkan keberanian untuk mengungkapkan suatu hal.
 Kita pasti punya hal yang ingin kita ungkapkan, namun terkadang kita merasa takut ataupun malu untuk mengungkapkannya dengan bahasa lisan. Dengan menulis puisi kita belajar untuk berani mengungkapkan hal yang memang ingin kita ungkapkan, lama-kelamaan akan membuat kita terbiasa untuk mengungkapkan suatu hal.

 

Untuk Apa Menulis Puisi ?

 1. Menyampaikan sebuah pemikiran ataupun perasaan
Sadar atau tidak sebagai manusia kita memiliki pemikiran serta perasaan yang berbeda beda, tergantung dari perjalanan hidup atau pengalaman yang dilalui oleh kita yang menjalaninya. Dengan puisi kita dapat menyampaikan sebuah pemikiran ataupun perasaan yang orang lain mungkin tidak mengetahui atau merasakannya, sehingga seseorang dapat mengetahui hal tersebut.

2. Mencapai suatu harapan atau tujuan
Dalam hidup pasti kita memiliki harapan ataupun tujuan yang ingin kita capai. Dengan menulis puisi kita berarti mendokumentasikan harapan dan tujuan kita dalam bentuk sebuah tulisan. Sehingga kemanapun kita pergi kita akan terus menyadari dan terus termotivasi untuk menggapai harapan dan tujuan yang ingin kita capai.

 

Mengapa Harus Lewat Puisi ?

1. Tulisan dalam bentuk puisi mengandung unsur keindahan
 Puisi memiliki keunikan tersendiri didalamnya mengandung unsur keindahan. Tulisan dalam bentuk puisi lebih terkesan membuat seseorang memainkan nalar dan imajinya, sehingga seorang pembaca biasanya dapat terbawa suasana ketika membaca sebuah puisi. Kalau bisa saya simpulkan tulisan dalam bentuk puisi memiliki keunikan tersendiri yang dapat menumbuhkan minat kuat untuk selalu membacanya.

2. Tulisan dalam bentuk puisi mengandung banyak arti dan makna 
Setiap kata-kata yang ditulis dalam sebuah puisi biasanya mengandung sebuah arti yang begitu dalam, bahkan satu kata dapat memiliki seratus, seribu ataupun sejuta makna didalamnya. 

Dari beberapa penjelasan  diatas semoga sobat lebih semangat untuk berkarya melalui puisi, sebaris dua baris kata yang sobat miliki dapat bermanfaat bagi orang lain, bahkan kehadirannya dapat dinanti -nantikan. saran saya jangan takut untuk berkarya " Mari Menulis ; ) ".


Baca Juga Tulisan Saya : Tips Menulis Bagi Pemula
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagai Manfaat Dari Menulis Puisi Serta Hal Yang Menarik Dari Puisi "

Popular Posts