5 Manfaat Belajar Sastra

pixabay.com

Belajar itu memang bukan sekedar kewajiban tetapi sudah menjadi suatu kebutuhan kita sebagai manusia, dengan belajar kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat, manfaat tersebut nantinya akan dapat kita rasakan dan kita nikmati baik dalam waktu cepat maupun lambat.

Kali ini saya tertarik untuk menulis sebuah artikel tentang manfaat dari belajar sastra. Mengapa sastra ??? Karena hal yang berkaitan sastra itu begitu unik dan menarik bagi saya, disisi lain saya memang sangat meyukai  sastra, jadi membahas tentang sastra adalah suatu kesenangan bagi saya, berbicara tentang sastra bagi saya tidak akan pernah ada habisnya, karena disetiap waktu pasti ada saja hal yang menarik untuk dibahas dan diperbincangkan.

Didalam karya sastra terkandung banyak nilai-nilai estetika juga nilai luhur, oleh sebab itu mempelajarinya akan memungkinkan kita untuk bertindak lebih bijak dan santun dalam menjalani lika-liku kehidupan.

Apa sih manfaat belajar sastra ?

Yuk mari kita cari tahu lebih dalam !!!, Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mempelajari sastra  :

1. Menambah Pengetahuan

Mempelajari sastra akan menambah wawasan kita, kita akan menjumpai hal-hal yang baru yang sebelumnya belum pernah kita jumpai, kita akan mendapatkan informasi yang terjadi disekitar kita. Karya sastra adalah gambaran dari kehidupan yang dialami oleh manusia, dari situlah kita dapat mengambil pelajaran-pelajaran juga informasi yang memberikan manfaat bagi kita.

2. Melatih Pola Pikir Lebih Kritis

Membaca karya sastra akan membuat kita berfikir kritis dan lebih dalam, kita akan berusaha berfikir lebih keras dengan mengandalkan nalar kita agar dapat memahami sebuah karya sastra, mengapa begitu ? karena karya sastra biasanya berbentuk kiasan, sehingga sungguh akan melatih kita untuk berimajinasi lebih mendalam agar dapat memahami pesan-pesan yang terkandung didalamnya.

3. Membentuk Karakter Positif 

Didalam karya sastra biasanya terkandung banyak nilai-nilai keindahan juga pesan-pesan moral. Hal tersebut akan memungkinkan kita untuk merubah perilaku kita untuk berbuat lebih baik juga mampu membentuk karakter yang positif pada diri kita. Karakter itu tumbuh bersamaan dengan hal-hal yang kita lakukan, maka ada baiknya kita mulai segala sesuatunya dengan yang baik.

4. Melatih Perasaan Untuk Lebih Peka 

Selain menggunakan nalar untuk memahami sebuah karya sastra, kita juga mengandalkan rasa yang merupakan anugerah dari tuhan yang telah diberikan kepada kita. Membaca dan mempelajari karya sastra terbukti dapat menggerakan hati nurani kita lebih peka sehingga akan peduli terhadap sesuatu yang terjadi disekitar kita.

5. Melatih Diri Untuk Kreatif

Semakin kita banyak membaca karya sastra maka akan menstimulan kita untuk ikut berpatisipasi dalam menghasilkan karya sastra,dengan banyaknya pengetahuan yang kita miliki maka tentu akan membuat kita lebih kreatif dalam menghasilkan sebuah karya.

Nah sungguh bermanfaat bukan mempelajari sastra, tidak heran kalau sastra terus diminati dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Sastra mengajarkan kita untuk menyampaikan segala sesuatunya tanpa kesan yang menggurui, pembaca bebas untuk menerjemahkan ataupun menginterpretasikan sesuai dengan yang ia pahami.

Mulai sekarang tidak ada salahnya kita mulai membagi pengetahuan kita tentang sastra kepada keluarga, sanak saudara, maupun teman kita, setidaknya sedikit namun dapat menjadikan manfaat untuk orang lain.

Terimakasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat
Salam sastra :)

Baca Juga : Definisi Sastra, Ciri-Ciri Sastra Dan Fungsi Sastra


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Belajar Sastra"

Popular Posts