Menelusuri Jejak Soe Hok Gie Dan Karya - Karyanya " Puisi - Puisi Karya Soe Hok Gie "


jagokata.com.
JagoKata.com

Berbicara tentang " Soe Hok Gie " memang selalu menggetarkan jiwa saya, bagaimana tidak? Bagi saya ia adalah seorang aktivis tangguh yang aktif dikalanganannya, Gie lahir pada 17 Desember 1942 , ia adalah mahasiswa Fakultas Sastra UI jurusan Sejarah  tahun 1962-1962.

Gie adalah seorang yang gemar menulis, ia mendokumentasikan catatan hariannya yang kemudian diterbitkan dengan judul " Catatan Seorang Demonstran " pada tahun 1983, Gie semasa hidupnya terkenal sangat produktif dibeberapa media masa, misalnya Harian Kami, Kompas, Sinar Harapan, Indonesia Raya dan Mahasiswa Indonesia.

Selain Menulis Gie juga aktif dalam organisasi Pencinta Alam, ia turut serta mendirikan Organisasi MAPALA, tak heran nama Gie tidak asing lagi dikalangan para pencinta alam, kegemarannya naik gunung memang terlukis dalam karya karyanya, satu diantaranya yang terkenal dikalangan para pendaki adalah " Mandalawangi -  Pangrango ", Mandalawangi adalah nama lembah di Gunung Pangrango dalam puisinya gie menggambarkan keindahan Pangrango dengan bahasa yang memukau.

Akhir penjalanan Gie memang sangat memilukan, awalnya ia berencana untuk mendaki Gunung Semeru dengan teman - temannya untuk merayakan ulang tahunnya, sehari sebelum ulang tahunnya yang ke 27 pada 16 Desember 1969, Gie meninggal bersama temannya  Idhan Lubis dipuncak Gunung Semeru diakibatkan menghirup gas beracun, Gie dievakuasi lalu dimakamkan pada 24 Desember 1969 di Menteng Pulo.

Sebelum ia meninggal ia pernah menuliskan beberapa Puisi yang membahas tentang kematian, utuk lebih jelasnya berikut saya sajikan beberapa puisi milik Gie.

Selamat membaca 


1. Mandalawangi - Pangrango 

Puisi ini sangat populer dikalangan para pendaki gunung, kalau kalian pernah mendaki Gunung Pangrango, kalian akan menemukan suatu lembah yang dinamakan lembah Mandalawangi, dalam puisinya Soe Hok Gie menuangkah wajah lembah Mandalawangi dalam tulisannya tersebut.

 

2. Sebuah Tanya

Puisi ini juga sangat terkenal dan cukup fenomenal, setiap membacanya seolah - olah terbawa pada masa-masa tersebut, bahasanya penulisannya begitu manis, perlahan namun pasti.

 

3. Pesan

Puisi ini ditulis oleh Soe Hok Gie untuk teman - temannya para aktivis, sebuah pesan tentang perlawanan penuh semangat membara, sebuah perlawanan yang suci para aktivis.

 

4. Harian Sinar Harapan 18 Agustus 1973

Kegemaran Soe Hok Gie Mendaki gunung memang tergambar pada karya - karyanya, terbukti dalam beberapa karyanya ia menuliskan dalam puisinya.

 

5. Catatan Seorang Demonstran


Yang terakhir adalah tentang akhir dari perjalanan Soe Hok Gie di Gunung Semeru, hal yang sungguh tak terduga, ia meninggal dunia akibat menghirup gas beracun sehari sebelum hari kelahirannya.

Nah Sobat berikut adalah beberapa puisi karya soe hok gie, sangat indah bukan karyanya, sampai saat ini Soe Hok Gie masih tersimpan dihati para penggemarnya, walaupun saat ini ia sudah tidak ada, namun karya akan selalu di ingat tak lekang oleh roda waktu dan kehidupan..

Baca juga : Chairil Anwar  Si Binatang Jalang " Puisi - Puisi Karya Chairil Anwar "

Sumber : Berbagai Sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menelusuri Jejak Soe Hok Gie Dan Karya - Karyanya " Puisi - Puisi Karya Soe Hok Gie ""

Popular Posts