Catatan Seorang Outsider "Bukan Pahlawan"

fotoselebritis.com
fotoselebritis.com

Hai sobat senang sekali bisa berbagi pengalaman yang satu ini, kali ini saya akan berbagi tentang perjalanan saya mengenal group band asal bali, sebut saja SID ( Superman Is Dead ) sebuah band yang kini memiliki banyak sekali penggemar dan memiliki segudang prestasi di tanah air, sungguh bukan sesuatu yang instan dan mudah bukanuntuk mencapai hasil tersebut,pasti semua itu butuh proses yang cukup lama dan kerja keras yang menyita banyak waktu, pikiran dan energi.

SID saat ini memiliki penggemar yang sangat banyak dari dalam dan luar negeri , saya termasuk salah satunya yang mulai mengenali SID sejak duduk dibangku sekolah menengah. Saya masih ingat waktu itu saya agak penasaran dengan lagu yang di setel tetangga saya " Saint Of My Life ". Awalnya saya tertarik dengan hentakan musiknya karena menurut saya sangat menggairahkan terlebih liriknya dinyanyikan dengan lantang.

Sebenarnya saya sudah pernah dengar lagu SID waktu SD yang berjudul " Bukan Pahlawan " namun karena saya masih kanak - kanak ya lambat waktu terlupakan. Lanjut saja, hari demi hari seiring berjalannya waktu saya yang memang suka dengan musik dan karya sastra mulai rutin mendengarkan lagu- lagu SID. Tanpa sadar saya mulai merasa jatuh cinta dengan musik dan liriknya, singkat saja " Liriknya buat saya berfikir keras, penuh teka - teki dan misteri nan kaya akan makna "maklum diera saya sekolah dulu musik pop dan boyband menjadi trend yang berkembang dan merajalela waktu itu jadi seluruh media di isi dengan musik - musik seperti itu yang cenderung membuat saya merasa bosan. Jujur saya belum pernah melihat langsung konser SID kala itu apalagi ketemu personilnya tapi saya merasakan energi yang cukup besar dari setiap karyanya.

Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari setiap karyanya. Nurani saya tergugah untuk peduli, pikiran saya seakan terbuka melampaui batas-batas semesta, Why ?????? sedikit menjelaskan dengan pendapat saya. Sebagian besar Lagu lagu SID bertemakan Sosial. SID mengajarkan saya bagaimana kita peduli akan lingkungan hidup, Menghormati dan peduli sesama manusia, Menegakkan keadilan, kedamaian, Nasionalisme dan bertindak secara manusiawi (bukan robot), seperti kata personilnya Bli Jrx" Dengarkan kekayaan terbesarmu.Hatimu " sebaris kata yang penuh makna bagi saya, kita bebas menerjemahkan kata tersebut seperti apa, tapi bagi saya manusia itu harus mendengarkan nuraninya bukan mendewakan materi.

Hal yang membuat saya kagum lagi dari SID mereka bukan hanya menyampaikan pesan pesan melalui liriknya, Tapi melakukan setiap pesan pesan tersebut. Sampai saat ini SID masih aktif melakukan perlawanan terhadap penguasa rakus dibali melalui gerakan bali tolak reklamasi, hal ini sudah dijalani bertahun-tahun, Ikut aktif dalam konser amal bencana alam, Lingkungan hidup,dan masih banyak lagi hal - hal positif lainnya.

Yang perlu diketahui awal karir SID banyak dimusuhi, disudutkan dianggap penghianat karena masuk major label oleh berbagai pihak. Tapi coba kita dapat lihat sekarang siapa yang sebenarnya masih konsisten melakukan perlawanan walaupun gak dibayar? siapa yang berani menolak lagunya dipakai presiden dan dibayar mahal? siapa yang aktif memperjuangkan kaum buruh dan Lingkungan hidup ? Kenyataanya sampai saat ini mereka masih konsisten menjalani itu semua dan bagi saya itu bukan hal mudah. Saya berharap agar generasi muda jangan mudah percaya akan stigma yang beredar dimasyarakat tanpa mengetahui asal usulnya, tapi pikirkan dan cermati gunakan hati nurani dan akal budi agar dapat melihat sisi kebenaran dengan sempurna .salam outsiders cheers :).

Baca Juga : Arti Punk "Memahami Punk"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Catatan Seorang Outsider "Bukan Pahlawan""

Popular Posts